Apa itu impresi di Facebook Ads?

Sebetulnya materi ini adalah materi ulangan dari FB logic yang pernah saya sampaikan, namun dalam bahasa dan konten yang lebih sederhana. Mudah-mudahan Anda cepat menangkap apa maksudnya.

Daftar Isi

  • 1/ CPM (Cost per Mille)
  • 2. CTR (Click Through Ratio)
  • 3. CPC (Cost Per Click) Link
  • 4. Cost Per Purchase

1/ CPM (Cost per Mille)

Pada intinya, reach adalah parameter utama dari kinerja iklan Anda. Budget yang sama, dengan sedikit tweak pada kualitas iklan, bisa menghasilkan reach yang jauh sekali perbedaannya.

Reach/jangkauan ini sejatinya berbanding lurus dengan impression. Semakin tinggi impression iklan Anda, maka akan semakin tinggi jangkauannya. Ingat, saya katakan disini “secara umum”, karena ada kasus-kasus khusus dimana statemen saya barusan tidak berlaku.

Nah, impression dikuantifikasi dalam parameter yang disebut CPM, yaitu cost yang dikeluarkan untuk setiap 1000 impression. Impression (impresi) adalah ukuran “keterlihatan” sebuah iklan. Contoh: Iklan yang sama dilihat oleh orang yang sama sebanyak 10x artinya 10 impresi. Setiap 1 keterlihatan = 1 impresi.

Misal, dikatakan bahwa CPM anda Rp 180,000. Artinya, Anda dinilai oleh FB membutuhkan 180,000 rupiah untuk menjangkau 1000 impression. Pada adset yang lain, Anda memperoleh CPM 90,000, yang Artinya Anda cukup mengeluarkan 90,000 saja untuk menjangkau 1000 impression. Jadi jika iklan tersebut diberi budget yang sama, misal 180,000, maka iklan pertama hanya menjangkau 1000 impresi, sedang yang kedua bisa menjangkau 2000 impresi.

2. CTR (Click Through Ratio)

CTR adalah ukuran rasio antara jumlah impresi vs klik. Misal iklan Anda memiliki 1000 impresi dengan jumlah klik 10, artinya CTR Anda adalah 10/1000 = 1%. Semakin tinggi CTR Anda, artinya semakin efektif iklan Anda dalam mendulang klik.

Klik disini dimaksudkan adalah klik yang berisi link untuk menuju ke landing page Anda/website Anda. Kalau CTR Anda tinggi, maka Anda tidak perlu keluar biaya banyak untuk menghasilkan klik yang banyak.

Tapi ingat, tidak selamanya klik yang banyak itu bagus. Klik yang berkualitaslah yang bagus, yakni klik yang bisa memberikan konversi di dalam website Anda menjadi pundi-pundi dollar/rupiah.

CPC link, sesuai artinya, adalah biaya yang dikeluarkan untuk setiap 1 klik link. Sebetulnya ini adalah parameter turunan. Namun ada baiknya Anda juga memantau angka CPC ini untuk melihat apakah terjadi sesuatu dalam iklan Anda. Angka CPC yang melonjak artinya CTR Anda turun. Misalnya pada hari 1 iklan Anda memiliki CPC Rp 1000, namun pada hari 10 sudah memiliki CPC Rp 2000. Kalau budgetnya sama, berarti CTR Anda turun 100%, atau reach/impression Anda drop.

Saya suka memantau angka CPC link karena memberikan ide lebih cepat untuk menganalisis kejadian-kejadian dalam CPM dan CTR iklan saya. Kalau naik berarti sinyal buruk, kalau turun berarti sinyal baik.

Apakah setiap CPC link naik, iklan kita pasti buruk? Belum tentu. Khususnya kalau Anda pakai Website Conversion. Nanti kapan-kapan akan saya bahas mengenai hubungan 2 hal ini.

4. Cost Per Purchase

Walaupun Anda berjualan di lokal yang notabene belum terlalu bisa menggambarkan kondisi funnel yang real terjadi pada saat Anda jualan, CPP ini penting sekali untuk Anda hitung. Misalkan Anda memasang iklan sebanyak Rp 1 Juta. Kemudian terjadi transaksi sebanyak 100 buah. Maka cost per purchase bisnis Anda adalah Rp 1 Juta / 100 = Rp 10.000.

Jika Anda berjualan di luar negeri atau memang menyasar konsumen yang telah terbiasa transaksi melalui website, maka CPP ini bisa dengan mudah Anda pantau melalui dashboard Facebook, sehingga dengan sekilas saja, Anda bisa tau apakah iklan Anda sedang bagus ataukah tidak.

==

Jadi dengan 4 parameter ini saja, setiap Anda membuka dashboard, Anda bisa melakukan penilaian secara cepat dan akurat mengenai “cerita” yang terjadi dalam iklan Anda. Dari 4 parameter ini, jika Anda cermat dalam menganalisa, Anda bisa membuat keputusan-keputusan besar yang membuat uang ribuan dollar mengalir ke dalam rekening Anda.

Selamat beriklan!

Platform media sosial merupakan media yang hebat dalam membantu bisnis mencapai pasar yang lebih tepat sasaran. Untuk menjalankan kampanye pemasaran media sosial yang sukses, bisnis perlu secara teratur menganalisis kinerja mereka. Untuk memantau keterlibatan dan visibilitas postingan media sosial Anda, ada dua metrik penting yang harus Anda ketahui: jangkauan (reach) dan impresi (impressions). Pada dasarnya, baik impresi dan jangkauan adalah metrik penting untuk penilaian pemasaran media sosial Anda dan merencanakan cara untuk meningkatkannya. Untuk meningkatkan kinerja pemasaran media sosial Anda dan meningkatkan tingkat pengembalian investasi (ROI) Anda, penting untuk fokus pada metrik yang tepat. Meskipun kedua metrik ini terkait erat, mereka umumnya memiliki arti yang berbeda. Setiap situs media sosial memiliki caranya sendiri untuk menghitung jangkauan dan impresi, dan itu adalah salah satu catatan penting yang harus Anda ketahui jika Anda ingin mengukur metrik ini pada platform yang berbeda.

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana jangkauan dan impresi berbeda di platform media sosial.

Apa itu impresi di Facebook Ads?

Jangkauan (reach) vs. Impresi (Impressions) di Facebook

Menurut Facebook, jangkauan mengacu pada jumlah orang yang melihat iklan Anda setidaknya sekali. Pada platform ini, jangkauan diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: organic (organic), berbayar (paid), dan viral.

  • Organic reach mengacu pada jumlah pengguna unik yang melihat konten Anda secara organik (tanpa iklan) di beranda mereka.
  • Paid reach mengacu pada jumlah pengguna yang melihat konten berbayar. Jangkauan ini sering dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti anggaran, penawaran total, dan penargetan audiens.
  • Viral reach mengacu pada jumlah pengguna yang melihat konten Anda karena aktivitas teman-teman Anda yang mencakup berkomentar, menyukai, atau berbagi.

Di sisi lain, impresi didefinisikan oleh Facebook sebagai jumlah berapa kali iklan Anda ditampilkan. Sederhananya, ketika pengguna unik melihat sebuah postingan sebanyak dua kali di beranda mereka selama durasi kampanye, itu akan dihitung sebagai tiga impresi .

Mirip dengan Facebook, jangkauan di Instagram didefinisikan sebagai jumlah pengguna unik yang melihat postingan atau cerita Anda. Di sisi lain, tayangan di Instagram didefinisikan sebagai berapa kali postingan atau cerita Anda ditampilkan. Jika Anda memiliki profil bisnis, Anda dapat dengan mudah mendapatkan analitik dari metrik ini pada fitur ‘Insights’ di profil Anda. Ketika Impresi lebih tinggi dari jangkauan, itu berarti audiens Anda melihat postingan Anda beberapa kali.

Apa itu impresi di Facebook Ads?

Apa itu impresi di Facebook Ads?

Jangkauan vs. Impresi di Twitter

Impressions di Twitter mengacu pada setiap saat pengguna Twitter melihat tweet Anda baik di beranda atau pada hasil pencarian mereka. Sementara itu, jangkauan tidak dapat dilacak di twitter. Sebagai contoh cepat, jika tweet Anda mendapatkan 200 tayangan, dan menerima 300 balasan, total impressions Anda untuk utas itu adalah 500. Twitter memberikan akses kepada penggunanya untuk menganalisis tayangan Anda di tab “analytics”. Saat Anda mengklik tab itu, Anda akan menemukan grafik impressions Anda selama periode waktu yang dipilih. Selain itu, Anda bisa mendapatkan informasi tentang persentase tingkat keterlibatan, dan juga jumlah klik tautan, retweet, suka, dan balasan.

Mana Yang Lebih Penting Antara Dua Metrik Ini?

Jangkauan (reach) dan impresi (impressions) sangat berharga dan penting dilacak untuk menjalankan kampanye yang sukses. Namun, untuk memilih metrik mana yang lebih penting untuk dilacak, Anda perlu mempertimbangkan tujuan bisnis Anda. Menyiapkan audiens yang tepat di media sosial untuk brand Anda membutuhkan waktu dan sekali Anda membangunnya dan ingin membangun brand recognition, maka tayangan adalah metrik penting untuk dilacak. Ketika Anda terus muncul secara teratur hingga Anda meningkatkan brand recognition Anda, sangat penting untuk memantau berapa kali konten Anda dilihat. Metrik ini sangat penting ketika Anda menerbitkan iklan karena audiens Anda perlu melihat konten yang dipromosikan beberapa kali sebelum mereka menunjukkan minat dan akhirnya meresponsnya.

Apa itu impresi di Facebook Ads?

Namun, jika Anda tidak memiliki jangkauan yang cukup untuk menunjukkan konten Anda dan Anda ingin meningkatkan brand awareness Anda, Anda perlu fokus pada “reach” dan menemukan cara untuk mengoptimalkan metrik ini sebelum memperhatikan impressions. Ketika jumlah jangkauan Anda meningkat, maka secara bersamaan akan meningkatkan brand awareness di social media Anda. Karena itu, pastikan bahwa postingan Anda dapat menjangkau sebanyak mungkin pengguna.

Selanjutnya, untuk membina hubungan yang kuat dengan pengikut Anda, Anda perlu menganalisis jumlah Jangkauan dan Impresi pada postingan Anda. Jika tujuan utama Anda adalah untuk meningkatkan tingkat keterlibatan Anda, memahami metrik jangkauan dan impresi dapat membantu Anda mencapai tujuan itu.

Memahami pentingnya antara Reach dan Impressions akan membantu Anda menilai kampanye Anda dengan lebih baik dan pada akhirnya mengarahkan konten Anda ke audiens yang tepat. Di sisi lain, ini akan membantu Anda mengidentifikasi metrik lain yang penting untuk melakukan strategi pemasaran media sosial yang lebih baik.

Apa itu impresi di Facebook Ads?

Apa itu impresi di Facebook Ads?

Digital Marketing

Apa itu impresi di Facebook Ads?

Apa itu impresi di Facebook Ads?

Apa itu impresi di FB ADS?

Impresi adalah berapa kali konten dari atau tentang Halaman Anda yang ditampilkan di layar seseorang. Kami memperbarui metrik impresi organik untuk menyertakan produk dan perubahan baru di Facebook.

Apa itu jangkauan postingan di Facebook?

Jangkauan postingan adalah jumlah orang yang melihat postingan Anda setidaknya sekali.

Berapa biaya iklan per klik di facebook?

Menurut studi AdEspresso, rata-rata biaya per klik (CPC) dari Facebook Ads sekitar $0.28, dan biaya per 1000 impression (CPM) sekitar $7.19.

Apa yang dimaksud dengan jangkauan postingan?

Jangkauan adalah jumlah pengguna instagram yang melihat postingan kita, jadi walaupun postingan kita dilihat 10 kali oleh satu orang atau satu akun maka jumlah yang dihitung adalah 1 jangkauan.