- Blog
- Harga Pasang Iklan Facebook Ads 2021
Updated November 7, 2022 • Created 1 tahun lalu
Dalam bisnis online yang menjadi salah satu faktor utama dalam pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan adalah biaya iklan. Biasanya biaya inilah yang harus melalui sebuah perencanaan yang disusun dengan penuh perhitungan.
Jika sekarang kamu aktif berjualan di media sosial seperti Facebook, berapa harga pasang iklan facebook yang perlu kamu persiapkan ? Dan pertanyaan lainnya seputar biaya iklan di facebook, semua tentang seberapa besar biaya yang harus dipersiapkan. Kamu bisa mencari taunya di artikel ini.
Selama menggunakan facebook, apakah kamu pernah melihat iklan penawaran yang muncul di bagian sidebar maupun beranda facebook kamu ? Nah, iklan tersebut disebut dan dikenal dengan sebutan Facebook Ads.
Facebook Ads ini adalah media iklan yang bisa digunakan untuk para pengguna Facebook sebagai audiensnya.
Fitur ini adalah fitur berbayar yang disediakan pihak Facebook untuk dimanfaatkan oleh para pebisnis di facebook untuk dalam memperkenalkan produk mereka ke banyak pengguna facebook yang lainnya.
Harga Pasang Iklan Facebook Ads
Harga pasang iklan facebook ads ditentukan oleh kita sendiri sebagai pemasang iklan. Minimum untuk harga yang ditawarkan mulai dari puluhan ribu rupiah, maka kamu sudah bisa memasang iklan di Facebook.
Tentunya traffic yang akan dihasilkan oleh iklan tergantung dari budget yang kamu siapkan, karena akan berbeda jika kamu menggunakan budget puluhan ribu dengan budget yang sampai jutaan.
Di tahun 2021 harga pasang iklan facebook dimulai dari sebesar Rp 36.000 ini sedikit lebih tinggi ketimbang harga minimal facebook ads di tahun sebelumnya yang dimulai dari Rp 10.000.
Sekedar masukan saja, jika kamu memang masih pemula dan memasang iklan di facebook adalah kali pertamanya. Maka mulailah dengan budget terkecil terlebih dahulu, tujuannya adalah apakah iklan yang kamu baut sudah bisa menghasilkan umpan balik seperti yang diharapkan.
Jika kinerja iklan yang kamu buat sangat baik, maka kamu boleh mempertimbangkan dengan budget yang lebih tinggi lagi. Tenang saja, di facebook ads tersedia fitur yang dapat membantu kamu dalam mengoptimalkan anggaran biaya iklan yang harus dikeluarkan.
Dimana biaya yang kamu pasang nantinya dalam hal jangkauan akan di optimalisasi dengan biaya yang dipatok masih tetap terjangkau.
Related posts:- 6 Langkah Mudah Melakukan Riset Pasar untuk Pemula Bisnis Skincare
- 11 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan
- Cara Menanggapi Keluhan dan Komplain Komplain Konsumen pada Bisnis Anda
- 14 Langkah Promosi Skincare Melalui Media Social
- 9 Tips Packing Produk Berkualitas yang Aman dan Elegan
Dalam menjalankan sebuah strategi digital marketing, sering kali kita harus menggunakan sebuah iklan di facebook ads. Dalam pemanfaatannya kita sering bertanya-tanya mengenai efektivitas iklan di Facebook ads. Nilai efektivitas tersebut sebenarnya bisa kita ukur apabila kita mengetahui caranya.
Untuk itu, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada Sookawan sekalian mengenai cara terbaik dalam mengetahui efektivitas iklan di Facebook ads.
Parameter Mengukur Efektivitas Iklan Facebook Ads
Sebelum melakukan perhitungan efektivitas sebuah iklan yang kita jalankan pada Facebook ads, kita perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai parameter atau metriks dari iklan digital. Facebook ads memang dikenal sebagai tools yang memiliki potensi yang sangat besar dalam menjangkau audiens, meningkatkan brand awareness dan memungkinkan kita meraih penjualan besar.
Berikut adalah parameter yang harus Sookawan ketahui agar dapat mengerti cara mengukur efektivitas iklan di Facebook ads.
1. Relevance Score
Relevance Score adalah sebuah parameter yang dapat kita lihat pada data insight Facebook Ads. Parameter relevance score akan menjabarkan tingkat relevansi antara iklan yang sudah Anda tampilkan dengan audiens. Relevance score bisa Anda hitung berdasarkan umpan balik positif dan negatif yang Anda peroleh dari audiens.
Relevance score akan berbanding lurus dengan tingkat feedback positif. Anda akan mendapatkan relevance score yang besar saat feedback positif Anda juga besar. Jika iklan Anda dianggap mengganggu maka Anda akan mendapatkan relevance score yang rendah.
2. Return on Ads Spend (ROAS)
Sumber Foto: Medium.com
Parameter lain yang bisa Anda jadikan patokan dalam mengukur efektivitas iklan Facebook adalah ROAS atau Return on Ads Spend. ROAS adalah sebuah parameter untuk mengukur kinerja pemasaran sebuah produk secara keseluruhan. Sebelum menjalankan sebuah bisnis, Anda harus menentukan terlebih dahulu nilai ideal ROAS dari lini bisnis yang Anda jalani.
Cara menghitung ROAS sangat mudah, Anda harus mengetahui informasi dasar seperti harga modal keseluruhan, harga jual produk, dan harga iklan yang sudah Anda keluarkan pada Facebook Ads. Rumus yang bisa Anda gunakan untuk menghitung ROAS adalah Total Pendapatan) ÷ (total pengeluaran biaya iklan). Semakin besar angka yang Anda dapatkan maka semakin besar
3. Cost per Click (CPC)
Sumber Foto: Freepik.com
Cost per Click (CPC) adalah sebuah parameter yang akan mengindikasikan harga iklan yang harus Anda keluarkan per klik konten. Dengan menggunakan CPC Anda akan mengetahui perhitungan harga iklan Facebook Ads, dengan cara menghitung berdasarkan per-klik iklan yang berjalan. Dalam melakukan iklan Facebook perlu Anda ketahui bahwa sistem yang digunakan adalah sistem bid (lelang).
4. Click through Rate (CTR)
Sumber Foto: Freepik.com
Parameter kedua adalah Click through Rate (CTR), yaitu sebuah rasio antara jumlah impresi yang Anda bandingkan dengan klik. Jadi saat Anda memiliki 1000 impresi dengan jumlah klik sebanyak 10, maka CTR Anda adalah 10/1000 = 1%. Anda bisa menargetkan jumlah CTR yang tinggi untuk mengetahui efektivitas dari iklan Anda. Klik yang kami maksudkan adalah klik yang menuju ke landing page atau checkout page Anda.
5. Conversion Rate (CR)
Parameter kelima yang bisa Anda gunakan untuk mengukur efektivitas iklan Facebook adalah conversion rate (CR). Dengan menggunakan CR Anda bisa mengetahui seberapa efektif iklan facebook Anda dalam mendapatkan feedback dan konversi. Conversion rate ini bisa Anda hitung dengan cara membandingkan jumlah konversi atau pembelian Anda dengan total jumlah iklan yang yang sudah di klik oleh calon konsumen. Saat Anda memiliki 1000 kali klik dan menghasilkan 30 konversi penjualan, maka nilai conversion rate Anda untuk iklan tersebut adalah 30/1000=3%.
Penutup
Dalam menjalankan iklan pada Facebook Ads memang Anda memerlukan pengetahuan yang memadai mengenai strategi dan parameter penting untuk menghitung efektivitasnya. Sookawan bisa mendapatkan tips dan trik dalam hal digital advertising lainnya pada blog Sooca Digitalagar dapat selalu update dengan perkembangan teknologi informasi.